3 Comment


Kegiatan Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air



Oleh :

Inggriani Andewi P
(09141108)


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2011




DAFTAR ISI
Kata Pengantar  ......................................................................................................i
Daftar Isi  ...............................................................................................................ii
BAB I: Pengantar
A.    Latar Belakang .............................................................................................1
B.      Rumusan Masalah........................................................................................1 
C.     Tujuan  .........................................................................................................1
D.    Manfaat  .......................................................................................................2
BAB II: Pembahasan 
A.    Pengertian Air  .............................................................................................3  
B.     Sifat-sifat Air  ..............................................................................................3   
C.     Kegiatan yang di lakukan Siswa di Laboraturium  .....................................4
BAB III: Penutup
A.    Kesimpulan  ................................................................................................7
B.     Saran  ..........................................................................................................7
C.      Daftar Pustaka  ...........................................................................................8






KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan karunia-Nya, penulis menyelesaikan makalah dengan judul : ““Kegiatan Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air”
            Mulai perencanaan sampai dengan penyelesaian makalah ini, penulis telah banyak mendapatkan bantuan-bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat:
1. Bapak Drs. Parji, M.Pd., Rektor IKIP PGRI Madiun.
2. Bapak Drs. Ibadullah Malawi, M.Pd., selaku Kepala Program Studi.
3.  Ibu Elly fatkhusana, M.Pd., Dosen Pembelajaran SAINS / IPA.
4. Bapak dan Ibu orang tua yang telah memberikan dorongan dan doa restu, baik moral maupun material selama penulis menuntut ilmu.
            Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan Rahmat dan Karunia-Nya kepada semua pihak yang telah memberikan segala bantuan tersebut di atas. Makalah ini tentu saja masih jauh dari sempurna, sehingga penulis dengan senang hati menerima kritik demi perbaikan. Kepada pembaca mungkin masih bisa mengembangkan makalah ini pada ruang lingkup yang lebih luas dan analisis yang lebih tajam. Akhirnya semoga makalah ini ada manfaatnya. 


Madiun, 30 Maret  2011  

Penulis 





BAB I
Pendahuluan

A.    Latar Belakang Masalah
IPA sebagai suatu proses penelusuran merupakan suatu pandangan yang menghubungkan gambaran sains yang berhubungan erat dengan segi laboratorium beserta perangkatnya. Faktanya bahwa air sangat dekat dengan kehidupan manusia. Air juga memiliki banyak sifat yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam pelajaran SAINS terdapat materi tentang sifat-sifat air. Untuk mengetahui dan membuktikan apa saja sifat-sifat air tersebut dan bagaimana terjadinya maka siswa perlu melakukan sebuah peneelusuran atau praktikum di laboratorium.
Dari latar belakang diatas, kami mengangkat judul “Kegiatan Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air”.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa air itu?
2.      Apa saja sifat-sifat air?
3.      Kegiatan apa saja yang dilakukan siswa untuk membuktikan sifat-sifat air?

C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui definisi air.
2.      Untuk mengetahui sifat-sifat air.
3.      Untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan siswa untuk membuktikan sifat-sifat air.

D.    Manfaat
1.      Agar siswa mengerti bahwa belajar IPA adalah belajar dengan alam.
2.      Agar siswa mnegetahui bahwa IPA bukanlah suatu mata pelajaran hafalan.
3.      Agar siswa dan guru belajar menjadi seorang peneliti melalui IPA.
4.      Meningkatkan kualitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan
metode eksperimen yang telah dilakukan siswa, sehingga siswa bisa berperan langsung dalam pembelajaran ini.
5.      Kualitas pendidikan di sekolah akan meningkat, karena adanya penigkatan cara mengajar guru dan hasil belajar siswa. 





BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Air
Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air dalam bentuk cair adalah tidak bewarna, tidak berbau, tidak mempunyai rasa dan merupakan senyawa yang sukar dimampatkan yang memiliki beberapa sifat yang khas. Salah satu sifatnya yang khas tersebut yaitu dalam mengalami pendinginan/pembekuan. Berlinan dengan sifat sebagian besar senyawa yang akan mengkerut bila mengalami pendinginan/pembekuan, volume air akan mengembang bila membeku.
B.     Sifat-sifat Air
a.       Air Mengalir dari tempat yang tinggi menuju permukaan rendah.
Air Mengalir dari tempat yang tinggi menuju permukaan rendah merupakan salah satu sifat dari air, Sedangkan untuk contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagi berikut, Tandon air dibuat lebih tinggi dari pipa air, atap dibuat miring agar air dapat mengalir dari genting ke bawah, saluran irigasi dibuat miring agar air dapat mengalir dengan lancar.

b.      Air memberi tekanan
Air memberi tekanan maksudnya air akan memberikan tekanan kesegala arah apabila ada suatu lubang disetiap wadah airnya, Contohnya alat penyiram tanaman, air akan menekan kesegala arah melalui lubang air, Sedangkan tekanan yang diberikan oleh air bisa beragam tergantung dari letak lubangnya.

c.        Kapilaritas
Kapilaritas adalah kemampuan zat cair untuk meresap melalui celah-celah kecil. Contohnya Kain yang dicelupkan sebagian pada bak yang diisi air, kain akan menyerap air karena kain memiliki celah-celah kecil, kertas tisu yang digunakan untuk menyerap keringat dan air. Sedangkan contoh untuk bahan yang tidak dapat diserap air adalah plastik dan Alumunium foil kedua benda itu sangat kedap terhadap air sehingga proses kapilaritas tidak bisa berlaku.

d.      Bentuk Permukaan air selalu tenang dan datar
Bentuk permukaan air selalu tenang dan datar contohnya jika kita menuangkan air kedalam ember maka kedudukan air akan datar, begitu pula jika ember di miringkan maka kedudukan air tetap datar. Water pas adalah contoh dari prinsip bahwa bentuk permukaan air selalu tenang dan datar.

e.       Melarutkan Benda tertentu
Zat cair melarutkan benda tertentu contohnya garam, gula, dapat dilarutkan oleh air, sedangkan contoh zat yang tidak bisa larut dalam cair adalah tanah, pasir dan minyak. Fakor yang mempengaruhi suatupelarutan benda adalah suhu air yang tinggi akan lebih cepat melarutkan daripada suhu air yang rendah, Kecepatan mengaduk, mengaduk dengan cepat akan lebih cepat pula benda larut, Anomali air dimana pada suhu 4 derajat C volum air menyusut sampai terkecil namun bila suhu diturunkan kebawah 4 derajat C maka volumenya bertambah.
f.       Berubah bentuk sesuai pada tempatnya
Air akan berubah-ubah bentuk sesuai dengan wadah yang ditempatinya. Contoh: apabila air ditempatkan pada botol maka bentuknya akan seperti botol.

C.     Kegiatan Yang Dilakukan Siswa di Laboratorium
a.       Air Mengalir dari tempat yang tinggi menuju permukaan rendah
Untuk membuktikan bahwa air mengalir dari tempat tinggi menuju tempat yang rendah, siswa dapat melakukan percobaan misalnya dengan menuangkan air dari ketinggian tertentu ke dalam baskom yang posisinya lebih rendah. Kegiatan yang dilakukan siswa tersebut dapat membuktikan bahwa sifat air yang pertama benar.
b.      Air memberi tekanan
Untuk membuktikan bahwa air memberi tekanan, siswa dapat melakukan percobaan misalnya dengan melubangi gelas aqua sebanyak 3 lubang secara vertikal. Kemudian dituangkan air ke dalam gelas aqua tersebut, maka akan terbukti bahwa air akan memancur dan inilah yang dimaksud air memberikan tekanan.
c.       Kapilaritas
Untuk membuktikan bahwa air daya kapilaritas, siswa dapat melakukan percobaan misalnya dengan menyampirkan selembar tisu ke mulut aqua yang telah berisi air penuh. Lama kelamaan tisu akan menjadi basah semua dan air menetes ke bawah melalui tisu.
d.      Bentuk Permukaan air selalu tenang dan datar
Untuk membuktikan bahwa sifat air bentuk permukaannya selalu tenang dan datar, siswa dapat melakukan percobaan misalnya dengan water pas.
e.       Melarutkan Benda tertentu
Untuk membuktikan bahwa sifat air dapat melarutkan benda tertentu, siswa dapat melakukan percobaan misalnya dengan melarutkan 1 sendok gula ke dalam segelas air. Terbukti gula tersebut akan larut dan air terasa manis.
f.       Berubah bentuk sesuai pada tempatnya
Untuk membuktikan bahwa sifat air berubah bentuk sesuai dengan wadahnya, siswa dapat melakukan percobaan misalnya dengan mengisikan air ke dalam gelas dan ke dalam botol. Dari kedua percobaan tersebut akan tampak bentuk yang berbeda. Hal ini membuktikan bahwa sifat air berubah-ubah sesuai dengan wadahnya.





BABIII
PENUTUP

D.    KESIMPULAN
Kita telah mengetahui sifat- sifat air diantaranya:
a.       Air Mengalir dari tempat yang tinggi menuju permukaan rendah.
b.      Air memberi tekanan
c.       Mempunyai daya kapilaritas
d.      Bentuk Permukaan air selalu tenang dan datar
e.       Melarutkan Benda tertentu
f.       Berubah-ubah bentuknya sesuai wadahnya
Siswa dapat membuktikan sifat-sifat air tersebut dengan melakukan berbagai percobaan di laboratorium sekolah. Dengan demikian dapat terbukti bahwa:
Ø  Sains merupakan suatu mata pelajaran yang memberikan kesempatan berpikir kritis; misalnya sains diajarkan dengan mengikuti metode "menemukan sendiri". Dengan ini anak dihadapkan pada suatu masalah.
Ø  Sains merupakan suatu mata pelajaran melalui percobaan -percobaan yang dilakukan sendiri oleh anak. maka sains tidaklah merupakan mata pelajaran yang bersifat hafalan belaka.
Ø   Mata pelajaran ini mempunyai: nilai – nilai pendidikan yaitu mempunyai potensi yang dapat membentuk keprbadian anak secara keseluruhan.
B. SARAN
Dalam pembelajaran IPA sebagai seorang guru sebaiknya senantiasa membimbing siswa dalam melakukan percobaan. Bagi sekolah sebaiknya memfasilitasi sekolahannya sehingga mendukung siswa untuk  melakukan eksperimen dalam pelajaran IPA.

C. DAFTAR PUSTAKA
http://www.preceptorial.com/materi-ipa-sd-kelas-iv-semester-i-sifat-air/
http://www.docstoc.com/docs/25354680/HAKIKAT-IPA



(Semoga sedikit uraian dari saya bisa bermanfaat Amin... Baca juga Makalah tentang Upaya Memperdayakan Motivasi Olahraga Siswa )

Post a Comment

  1. assalamualaikm...

    mhon ijin ambil sebagian materi di atas yah... trimakasih..

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas makalahnya,, ijin unduh ya...

    ReplyDelete
  3. The Aftershokz Titanium Series 2 - The iTanium Art
    The The silicone dab rig with titanium nail Aftershokz Titanium Series titanium network surf freely 2 is the titanium pots and pans pinnacle of quality and high-performance aftershokz trekz titanium gaming equipment. The ford escape titanium 2021 design is influenced by the legendary

    ReplyDelete

 
Top